DISCLAIMER

“Berinvestasi di pasar saham akan menyikapi hubungan Anda yang sebenarnya dengan uang. Ini adalah Guru yang keras, dingin, lincah dan kejam dari Karakter manusia. Setiap Ketamakan yang anda tunjukan, dengan cepat akan dikoreksi oleh kerugian dalam pasar. Setiap keraguan dengan cepat akan dihancurkan oleh Hilangnya kesempatan. Setiap kesalahan dalam penilaian akan dengan cepat diperbesar kerugian. Disiplin dan kemampuan memprediksi merupakan kunci permainan ini” (Peter Spann)

Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hati'lah karena berinvestasi di Pasar Saham mengandung Resiko Kerugian.

Live Indeks


Live World Indices are Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal.

Selasa, 11 Agustus 2009

SAHAM BERFUNDAMENTAL BAGUS DAN SAHAM GORENGAN :

Pada hakekatnya suatu saham selalu diayun-ayun oleh kenaikan dan penurunan harga, dan disitu’lah seni’nya seorang trader. Sementara Investor beli saham perusahaan yang bagus kemudian tidur, yang penting bagi dia, duitnya tumbuh dan berkembang melebihi deposito bank berkali lipat.
Ketika saya membuat analisa Target BBCA akan menuju ke 4400, mungkin banyak pembaca yang kurang suka dengan gerakan saham BBCA, dimana saham perbankan yang lain gerak, tapi kenapa kok BBCA diam saja, tapi hari ini bisa terlihat bukan berapa closing harga saham BBCA.

Untuk itu saya lebih suka mencari saham yang berpotensi akan naik tinggi, ketimbang membuat support dan resisten harian suatu saham, karena itu hanya berlaku 1 hari saja, dan bisa benar ataupun tidak.
Demikian juga saham PGAS, saham ini termasuk yang tidak begitu kena dampak krisis global, tapi kenapa tidak naik-naik, tapi kalau kita perhatikan MACD PGAS golden cross, disinilah pentingnya analisa trader daripada gerakan ayunan saham, dimana kalau kita sering melihat monitor, gerakan saham sering membuat kita terbawa emosi untuk menjual atau membeli.

Jadi yang paling penting bagi Trader adalah harus yakin dulu kepada saham yang dimilikinya, apakah saham yang berfundamental bagus ataukah saham yang digoreng? Saat IHSG sedang LONG TERM BULLISH, jangan takut pegang saham berfundamental bagus, kecuali saat LONG TERM BEARISH, jangan pegang saham apapun juga, (CASH is THE KING).
Kondisi BEI saat ini terutama LQ-45, hampir semua saham ; "LONG TERM BULLISH, MID TERM BULLISH, SHORT TERM OVER BOUGHT", so koreksi diperlukan sekali, dan itu adalah sehat. Demikian juga hampir semua saham2 papan atas dibelahan SELURUH DUNIA, terutama DOWJONE dan HSI.

Saham BUMI akan menuju 3000, tapi bagi yang jeli, pasti siap2 menampung diharga itu, karena apabila pull back, BUMI bisa kembali ke harga 3200 lagi, dengan syarat harga BUMI jangan turun lagi dari 3000.
Dan ketika pull back, harga BUMI akan bergerak begitu cepat, dan kita hanya dibikin bengong saja, tanpa melakukan action any thing. Asalkan ada berita minyak dunia diatas 72 dollar lagi saja, pasti BUMI akan cepat mantul lagi.

Demikian juga kita lihat Saham TRUB , dengan value transaksi more than 200 bio, sudah cukup berat untuk melanjutkan rally diatas 200, maka sangat bijak ketika harga tidak kuat menlanjutkan di 200, kita profit taking dulu.

Mohon maaf kalau saya banyak cerita seperti ini, karena intinya blog ini saya sedang memberikan gambaran kepada beberapa teman dan saudara saya dalam rangka bagaimana menjadi seorang trader supaya tidak rugi, karena survey dunia mengatakan 85% trader adalah loss, 10% adalah Break even point, 4% gain, 1% never loss.

Kalau kita hitung orangnya, maka lebih banyak trader daripada Investor, tapi kalau kita melihat dari besar uangnya, maka banyak duit Investor ketimbang Trader.

BUMI : (Wajib dibahas, he3)
Hati-hati jangan sampai turun 3000, bila turun akan drastic, bila mantul dari 3000 akan cepet kembali ke 3200 (Resist kuat).

PGAS :
Target PGAS 3900-3950, waktunya kapan ? Bila tembus 3625.

TINS :
Saham ini belum sekencang ANTM, biasanya ikutan bergerak.
Gerakan saham ini sangat terpengaruh oleh harga komoditi’nya.

BMTR :
Saham ini mempunyai potensi rebound yang kuat, beli di harga support.

Happy Trading All…. GBU…..