DISCLAIMER

“Berinvestasi di pasar saham akan menyikapi hubungan Anda yang sebenarnya dengan uang. Ini adalah Guru yang keras, dingin, lincah dan kejam dari Karakter manusia. Setiap Ketamakan yang anda tunjukan, dengan cepat akan dikoreksi oleh kerugian dalam pasar. Setiap keraguan dengan cepat akan dihancurkan oleh Hilangnya kesempatan. Setiap kesalahan dalam penilaian akan dengan cepat diperbesar kerugian. Disiplin dan kemampuan memprediksi merupakan kunci permainan ini” (Peter Spann)

Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hati'lah karena berinvestasi di Pasar Saham mengandung Resiko Kerugian.

Live Indeks


Live World Indices are Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal.

Selasa, 29 September 2009

Membangun Kedisiplinan


Ada sebuah buku lagi yg menurut saya bagus..
Judulnya
The Master Traders
belajar dari trader sukses dunia karangan Adi Ardiyan.. bisa anda dapatkan di toko buku gramedia dll
Saat semua ilmu technical sudah anda kuasai, selanjutnya adalah untuk mempelajari Psikologi trading, Money Management..
Hari ini akan saya ulas sedikit isinya, mengenai Membangun Kedisiplinan

Di lihat dari penerapannya, kedisiplinan di bagi 2.. yaitu kedisiplinan untuk masuk pasar dan kedisiplinan untuk segera keluar dari pasar.

1.Kedisiplinan untuk masuk pasar memerlukan sebuah keputusan yang tidak terpengaruh secara emosional
2. Kedisiplinan untuk keluar dari pasar, baik dalam kondisi untung atau mengalami kerugian
Van K Tharp mengatakan " ada empat kategori untuk keluar pasar. 1. Keluar karena sedikit kerugian, 2. Keluar karena memaksimalkan keuntungan: 3. Keluar karena sedikitnya keuntungan yang anda peroleh kembali, dan 4 Keluar secara psikologis, faktor Psikologis selalu datang ke dalam permainan trading "

a. Kedisiplinan untuk keluar pada saat mendapatkan keuntungan..
Di sini di ceritakan mengenai lelaki tua yg berusaha menangkap kalkun liar, dengan alat perangkap kotak besar, di bawahnya di taruh jagung2. di luar perangkap di tebarkan sedikit, dan makin banyak di dalamnya.. selusin kalkun berada dalam jebakan, dan 1 lagi di luar jebakan..Karena menunggu yg 1 lagi masuk ke dalam jebakan, kalkun yg lain malah kluar.. akhirnya pak tua tidak mendapat apapun karena berharap kalkun2 yg keluar akan masuk kembali
b. Kedisiplinan untuk keluar pada saat mendapatkan kerugian
Disini di ceritakan mengenai pedagang bunga yg menjual 3 jenis anggrek: merah, biru dan kuning,. Anggrek merah laku keras dan habis terjual, anggrek biru terjual separuhnya, dan anggrek kuning blum satupun terjual. Sebagai seorang pedagang apa yg sebaiknya anda lakukan ?
Pedagang yg mempunyai naluri bisnis yg baik akan melihat persoalan secara lebih objektif, lalu menyadari bahwa keliru untuk menumpuk stock anggrek kuning.. lalu ia berpikir untuk menurunkan harganya 10%-20% agar lebih cepat terjual. Pokoknya anggrek kungung harus terjual dan hasilnya dapat di gunakan lagi untuk tambahan persediaan anggrek merah yg laku keras.. Inilah yg di sebut prinsip akal sehat dalam investasi di bisnis ritel.Apakah cara ini yg anda terapkan dalam investasi di bursa ?

3 Cara membangun kedisiplinan :
Kesalahan yg seringkali di lakukan trader pada umumnya adalah mereka sangat sukar menerapkan kedisiplinan sehingga mereka cenderung menjadi orang yg selalu gagal dalam berinvestasi, untuk mengatasinya, berikut ada beberapa tips guna mengatasinya.
1. Berpikirlah pada saat anda salah bahwa harga tidak pernah kembali
2. Anggaplah anda sudah pernah mengalami kerugian yang sangat besar
3. Anda melakukan trading ini untuk selamanya

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, saya sarankan anda untuk membeli buku The Master Traders... Karangan Adi Ardiyan... cuma 55rb doank di gramedia..

Siapkah anda menjadi The Master Trader ?

DOW :
IHSG : Ihsg kmaren di tutup melemah ke bawah level psikologis di bawah 2400. untuk tetap uptrend, ihsg harus di tutup di atas 2411, semoga ini bisa terjadi, karena DOW juga menguat signifikan.

BUMI :
ADRO :
MASA :