DISCLAIMER

“Berinvestasi di pasar saham akan menyikapi hubungan Anda yang sebenarnya dengan uang. Ini adalah Guru yang keras, dingin, lincah dan kejam dari Karakter manusia. Setiap Ketamakan yang anda tunjukan, dengan cepat akan dikoreksi oleh kerugian dalam pasar. Setiap keraguan dengan cepat akan dihancurkan oleh Hilangnya kesempatan. Setiap kesalahan dalam penilaian akan dengan cepat diperbesar kerugian. Disiplin dan kemampuan memprediksi merupakan kunci permainan ini” (Peter Spann)

Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hati'lah karena berinvestasi di Pasar Saham mengandung Resiko Kerugian.

Live Indeks


Live World Indices are Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal.

Selasa, 08 Desember 2009

SEKELUMIT CARA PERMAINAN SAHAM GORENGAN :

Salam Winner,
Beberapa hari kemarin, banyak saham-saham murah yang melantai di bursa dan cukup menarik perhatian, oleh karena itu saya mencoba membahas apa itu artinya saham gorengan, apa maksud dan tujuan bandar menggoreng saham ini dan bagiamana agar para trader bisa trading di saham gorengan ini.

Buat pra trader, istilah SAHAM GORENGAN sudah sering didengar, tetapi buat para trader Pemula ingin bertanya bagaimana caranya bandar menggoreng saham,dan bagaimana bandar kok bisa melakukan itu dan bisa untung? Apakah Trader kecil bisa juga untung ataukah bisa mengalami kerugian?

Langkah pertama yang dilakukan bandar untuk menggoreng saham adalah mengumpulan saham tertentu dalam jumlah yang banyak (yang dianggap memadai), sehingga bisa memakan waktu 3 bulan, bahkan bisa juga lama sekali sampai 2 tahun.
Bagi bandar untuk mengumpulkan saham dengan watku 3 bulan tentunya bukanlah suatu pekerjaan yang lama, karena harga keuntungan nantinya sudah diperhitungkan oleh bandar.

Setelah bandar mengumpulan saham tersebut dengan jumlah yang memadai,misalnya 100.000 lot,maka mulailah bandar beraksi, dengan cara mulai menaikan harganya, dari 50 ke 52.
Apabila ternyata diharga 52 bandar tersebut mendapat guyuran dari trader lain dengan jumlah yang banyak,maka bandar akan berpikir,apakah dia akan melanjutkannya pada hari ini ataukah menunggu momentum lebih lanjut.

Tetapi bila di harga 50 diangkat sampai 60 tidak mendapat perlawanan yang berarti,maka bandar akan mengangkat harga seenaknya, bisa lewat 60,70, 80 bahkan sampai diatas 100 dalam beberapa hari.

Ketika bandar melakukan aksinya, dia akan mengangkat harga 2-4 point dengan harga 52 s/d 54, tetapi dia juga akan jualan lagi di harga 54, supaya ketika ada trader lain yang mengguyur di 53-54, dia akan balik lagi menanmpung di harga 52-53, sehingga seolah-olah harganya kuat tidak turun/harga dijagain bandar.
Hal itu dilanjutkan secara terus menerus, misal beli harga rata-rata 55, jual diharga rata-rata di 55 lagi, selanjutnya dia naikkan harga beli rata-rata di harga rata-rata 60, dia jual lagi di harga rata-rata 60, dia beli lagi di harga rata-rata 65, dia jual lagi diharga rata-rata 65, dst,istilahnya di rolling ke atas.

Kalau begitu bandar tidak untung dong? Memang ketika bandar menaikan harga, bisa untung sedikit, dan bisa juga rugi sedikit, tetapi tujuan bandar bukan mencari untung disitu, melainkan tujuannya menaikkan harga, dan dia mendapatkan keuntungan dari 100.000 lot saham yang dia beli 3 bulan yang lalu.

Setelah harga naik pada level yang bandar anggap bisa untuk mengeluarkan barang lamanya, misal 85-100, maka mulailah bandar akan secara pelan-pelan membuang barang yang 100.000lot tersebut. Atau bisa juga bandar mengeluarkan saham lama yang dia miliki karena diapun kejepit harga diatas.

Dengan demikian bisa kita simpulkan beberapa klasifikasi permainan bandar sbb :

1. Bandar kecil lebih suka menggoreng dalam waktu singkat,sehingga harga diangkat dari 50 ke harga 85 cukup dalam waktu 2-3 hari, setelah itu pesta bubar, harga melorot lagi ke harga 50-52, artinya pesta telah usai.
2. Bandar menengah, biasanya bekerja mengumpulkan barang 2 tahap,tahap ke-1 mengumpulkan diharga 50 dalam waktu sekitar 3 bulan, tahapke-2 mengumpulkan barang ketika harga mulai diangkat,trader guyuran,biasanya dia akan beli sebanyak-banyaknya dengan tidak menaikkan harga yang signifikan, oleh karena itu saham itu dari saham tidur 50, tiba-tiba naik ke 55, selanjutnya turun lagi ke 50, artinya bandar mengumpulkan lagi tahap ke-2, atau tahap ke-3 dst, sebelum dia akan mengangkat harga setinggi2nya.
3. Bandar besar, biasanya dia menggunakan kekuatannya untuk dorong harga dari 50 diangkat sampai diatas 200-250, kemudian dia maintenance, dan dia akan buang pelan-pelan diharga 200. Sehingga ketika harganya turun dibawah 200, sebetulnya permainan bandar sudah game over.
Tentunya para pembaca bisa menebak saham-saham yang mana yang merupakan katagory permainan 3 macam diatas, karena saya tidak etis untuk menyebutkan sahamnya satu per satusecara terbuka di blog ini.

Pada saat bandar menggoreng sahamnya, pasti bandarnya juga menggunakan beberapa kaidah tehnikal yang berlaku yaitu :
1. Bandar akan menggunakan Tehnikal Analisis juga, seperti break out, hukum volume, pola ascending triangle, pola flag and pennant,dlsb.
2. Bandar juga melihat situasi Dow fut dan regional.
3. Bandar juga memberikan berita baik seputar sahamnya, baik melalui Surat Kabar,ataupun saat ini dengan menggunakan blog ataupun Face Book (yang tentunya akan Lebih murah biayanya).

Bagaimana para Trader kecil jika bermain dengan saham ini :
1.Bagi yang tidak mempunyai waktu untuk monitoring,hindari permainan saham yang begini.
2. Bagi yang mempunyai waktu tentunya harus mengetahui cara permainannya.
3. Perhatikan setiap kelipatan harga di fraksi 5 perak, oleh karena itu ketika bandar mengangkat harga
dari 50 ke 56-57, pasti akan pull back dulu harga ke 54. Jadi juallah saham pada harga 56.
4. Demikian juga bila harga tembus diharga 61-62,pasti pull back dulu ke harga 59, juallah harga di 61.
(ambil 1-2 poin disetiap kelipatan harga di 55-60-65-70, dst.)
5.Pasang trailing stop kuat-kuat, sepanjang trailing stop tidak turun lagi, let the profit run.
6. Perhatikan siapa pemain utamanya (kita hanya bisa melihat sekuritasnya doang) dan bandar bisa menggunakan beberapa sekuritas.
7. Jangan biasanya menyimpan saham ini, dengan berpikiran besok pasti masih akan naik.
8. Pertimbangkan apabila media internet anda terkena gangguan, karena ini bisa berakibat fatal juga, karena bandar bisa membuang barangnya dalam beberapa menit.
9. Jangan menyimpan saham gorengan ini lebih dari beberapa hari ketika harga sudah tidak naik, dengan harapan/iming2 harga masih akan naik.
10. Jangan lupa faktor hokky dan berkat TUHAN juga menentukan dalam permainan seperti ini.

Uraian diatas adalah hanya secara singkat tanpa dilampirkan cara perhitungan bandarnya,namun saya mengharapkan parapembaca blog setia ini, tidak kena dari korban permainan saham gorengan ini.

Setiap hari saya memang membahas chart BUMI, namun bukan untuk dianjurkan untuk membeli saham BUMI, namun dikarenakan BUMI ini meruapakan saham sejuta umat yang dibenci dan disuka orang, maka saham BUMI ini saya masukan dalam katagori saham yang wajib untuk dibahas.
Sedangkan untuk saham-saham yang setiap hari diterbitkan adalah stock pick pilihan kami, agar para pembaca boleh memperhatikan saham-saham tersebut. (Silahkan mau dibeli atau tidak, keputusan ditanggung oleh masing-masing).

tip trading hari ini :
DOW tutup di 10,390.11, naik tipis +1.21 (+0.01%).
Kemarin asing net buy masih hampir 270 Milyard, bila Regional terutama Hangseng ijo, maka peluang hari ini Bursa BEI hijau lagi, maka strategi BHSH boleh dilanjutkan.
Apalagi koreksi IHSG kemarin terlalu dalam, untuk mengantisipasi dow fut yang minus cukup dalam sekitar 55 point, tapi ternyata DOW naik tipis.

BUMI : Saham Unik gerakannya unik :
MACD histogram turun, Stochastic death cross, tapi MA-5 golden cross MA-20
bagaimana harga BUMI bisa naik?
fibo 38.2% merupakan resist kuat 4 hari terakhir ini di 2500-2525.
sedangkan MA-5 dan MA 20 merupakan support kuat di 2500.
MA-50 akan menjadi Resist di 2700, sedangkan Support MA-5 di 2525 bila dipatahkan,
maka fibo 61,8% akan menjadi support berikutnya di 2400. S: 2400, R-1: 2525. R-2 : 2700.

INDF : CLOSE>MA-5>MA-20>MA-50>MA-200.
Masih cocok untuk BHSH.
Harga 300 sebagai pivot poin.
Paling bagus tidak boleh tutup dibawah harga 3000.
S : 3200, R : 3400-3425.

LSIP :Saham ini masih oleh untuk BHSH,
Close = open = low, karena terimbas oleh panic selling menjalang penutupan,
padahal asing mengumpulnkan saham ini.
Harga high out of bolinger band, sehingga ada bagusnya juga harga close di low.
S: 8250, R : 8650.

SGRO ; Kemarin harga teertinggi berhasil mencapai di fibo 161.8%, namun pengaruh
dow fut dan regional maka close dibawah fibo 161.8%.
bila hari ini tembus 2750, maka akan menoba menuju fibo200%.di 2900.
CLOSE>MA-5>MA-20>MA-50 dengan jarak yang jauh,so bullish sangat sempurna.
S : 2650, R : 2750-2800.

INTP : Saham ini boleh diperhatikan apakah bisa break new high ?
Bila berhasil break new high di 12.200, maka harga akan menuju 12.800.
Jangan lupa break diharga 12.200 dengan volume yang besar pada harga tersebut.
CLOSE>MA-5>MA-20>MA-50. --> Bullish sempurna.
S : 11.600, R : 12.200, target selanjutnya 12.800.

Berikut daftar support dan resisten :